Monday, June 16, 2008

2015, Kereta Api supercepat masuk RI

KA supercepat itu diproyeksikan mampu melaju di atas 250 kilometer per jam dengan daya angkut minimal 18 ton. Targetnya, menurut Komisaris Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Soemino Eko Saputro, KA supercepat itu sudah bisa diluncurkan pada 2015. Jika mulus, KA supercepat itu bakal memperpendek waktu tempuh Jakarta-Surabaya. Perjalanan bisa dituntaskan dalam tempo tiga jam. Untuk jarak Jakarta-Bandung bisa dilahap dalam satu jam saja.

“Sarana itu akan menjadi andalan untuk mengalahkan transportasi udara,” kata Soemino kepada INILAH.COM di Jakarta, Minggu (23/3). Soemino menjelaskan, sebuah studi telah dilakukan oleh konsultan Prancis, Systra, yang menyebutkan di lintas utama Jawa sangat mungkin dioperasikan KA supercepat model TGV (Train A’Grande Vitesse buatan Prancis) dengan kecepatan hingga 360 kilometer per jam.

source: inilah.com

2 comments:

Anonymous said...

Mana mungkin ??????
Wong ga pake KA supercepat aja banyak kecelakaan, gimana nanti pake KA supercepat ?
Benahi dulu sistem transportasi KA-nya, kaya rel, gerbong, lokomotif, stasiun, sinyal, pintu perlintasan kan banyak yang udah tua. Kalo udah baru pake KA supercepat.

Anonymous said...

I have expectation that realize the fast train,more than 10 years I heard the fantastic project,but no institution explore that. So good,if Pt.Kai reports the program continusly, and have progress month by month, I am waiting the progress,my dream come true.

Gunungkidul Railfans