Thursday, June 26, 2008

Pelaku bisnis berperan penting dalam kemajuan negara

Chief Executive Kompas Gramedia Jakob Oetama mengatakan, pelaku bisnis sangat berperan dalam memengaruhi kemajuan suatu negara. Hal ini telah terjadi di Vietnam, Thailand, dan negara lain yang perekonomiannya tumbuh pesat selama lima tahun ini. Jika pebisnis tidak bersama- sama naik ke panggung kenegaraan dengan usaha mereka, perekonomian sulit untuk bangkit.

"Para pelaku bisnis memiliki target yang jelas, pekerja keras, dan pintar mengatur keuangan untuk mencapai tujuan. Ini yang lemah di tingkat negara, culture matter. Birokrat seharusnya berjiwa wirausaha," kata Jakob Oetama dalam Jakarta Chief Marketing Officer (CMO) Club yang digelar Kompas Gramedia di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Rabu (25/6). Acara ini dihadiri sedikitnya 60 pucuk pimpinan perusahaan nasional dan multinasional di Jakarta.

Tahap strategis

Dalam kesempatan yang sama, pakar pemasaran Hermawan Kertajaya mengatakan, perkembangan internet generasi kedua atau Web 2.0 telah menciptakan lompatan baru taktik pemasaran. Para pemasar kini harus bisa mengoptimalkan teknologi yang tanpa batas tersebut untuk menjangkau konsumen secara horizontal. "Peran pemasaran kini tidak lagi sebatas fungsional, tetapi sudah mencapai level strategis dari bisnis," jelas Hermawan.

source: kompas.com | June 2008

No comments: