Thursday, June 19, 2008

Meneg BUMN: Laba BUMN tahun ini meningkat Rp 70 triliun

Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil mengatakan laba bersih semua BUMN tahun ini mencapai Rp 70 triliun. Sektor BUMN yang mengalami peningkatan laba di antaranya pertambangan, perkebunan, perbankan dan energi. Hal itu dikatakan Meneg BUMN saat Raker dengan anggota DPD dan direksi PT Krakatau Steel membahas privatisasi perusahaan baja nasional itu, Selasa (18/6).

"Tahun ini hampir semua BUMN untung, hanya PLN yang merugi, itu pun disebabkan kebijakan harga yang ditetapkan dan hal-hal yang ada di luar kontrol Meneg BUMN," ujar Sofyan. Sedangkan laba BUMN sebelum pajak, dikatakan Sofyan, sebesar Rp 105 triliun. Target peningkatan laba diperkirakan 22,5 persen tapi kenyataannya hanya mencapai 23 persen.

Sekretaris Meneg BUMN Said Didu juga menambahkan perkiraan target laba tahun ini mencapai 13 persen dari tahun sebelumnya.Sofyan juga menjelaskan deviden tahun 2007 mencapai Rp 31,5 triliun. Tetapi Said Didu mengatakan target tahun 2008 akan berkurang karena ada interim. Saat ditanya berapa besaran interim, dia belum menyebutkan angka.

source: kompas.com | 19 June 2008

No comments: