Monday, June 16, 2008

Daya saing Indonesia meningkat!

Bersama negara lain seperti Brazil, Rusia, China, dan India, daya saing Indonesia diprediksikan meningkat paling tajam. Akan tetapi, itu baru bisa terjadi bila negeri ini memiliki visi jangka panjang yang konsisten dengan menerapkan masyarakat berbasis pengetahuan di semua sektor.

Demikian disampaikan Prof Dr Zuhal AQ M Sc dalam bedah buku karyanya "Kekuatan Daya Saing Indonesia: Mempersiapkan Masyarakat yang Berbasis Pengetahuan", di Habibie Center, Kemang, Jakarta, Senin (16/6). Mengenai prediksi peningakatan tajam daya saing Indonesia itu dia kutip dari IMD World Competitiveness Year Book 2007.

Menurut Zuhal, masyarakat berbasis pengetahuan itu menempatkan pengetahuan dan informasi menjadi faktor penting dalam setiap proses menciptakan nilai dalam masyarakat.

Sedangkan menurut ahli pertanian Bambang Setiadi dengan mengutip laporan UNESCO 2006, kecenderungan pengembangan iptek di masa depan adalah Asia. "Melihat hal itu, negara kita harusnya bisa memanfaatkan momentum dan mulai melangkah ke visi menjadi negara maju dengan pengelolaan kekayaan alam berbasis iptek. Ini yang harus didukung dari dunia usaha, ilmuwan dan pemerintah," tutur Bambang.

Dalam buku karya Prof Zuhal, Bambang mengatakan buah pikirannya tersebut merupakan langkah awal menyosialisasikan visi masyarakat berbasis pengetahuan lebih membumi dilihat dari berbagai sektor antara lain pangan, energi, teknologi, dan sebagainya.

source: kompas.com | June 16, 2008

No comments: