Thursday, June 26, 2008

Miranda: Inflasi tahun depan satu digit

Bank Indonesia memerkirakan tekanan terhadap laju inflasi tahun depan akan jauh berkurang. Sehingga optimistis angka inflasi bisa kembali ditekan menyentuh satu digit

"Kami melihat bahwa inflasi saat ini, lebih merupakan spike akibat beberapa hal. Seperti kenaikan BBM dan juga kenaikan harga pangan," ujar Deputi Gubernur Senior Miranda S Goeltom seusai raker pemerintah dengan panitia anggaran, di Gedung MPR/DPR Senayan, Jakarta, Kamis (26/6/2008).

Untuk itu, lanjutnya, BI berharap tekanan dua hal tersebut sudah mulai bekurang tahun depan. "Jika berkaca pada pengalaman tahun2005, kami jadi optimistis tahun depan sudah kembali ke satu digit lagi," jelasnya.

Miranda menambahkan, kalau nantinya BI melihat ada ekspektasi inflasi yang meningkat. maka institusinya akan segera mengambil tindakan yang tidak harus melulu berupa pengetatan moneter.

"Instrumennya ada bermacam-macam. Seperti suku bunga, kemudian secara teoritis banyak Seperti China memakai instrumen giro wajib minimum(GWM), supaya uang jumlah beredar semakin kecil," jelasnya. Instrumen lainnya, lanjut Miranda, adalah pengendalian nilai tukar. karena nilai tukar juga bisa memengaruhi inflasi.

source: okezone.com | June 2008

No comments: