Wednesday, June 25, 2008

Penumpang Mandala naik 87%

Jumlah penumpang Mandala Airlines selama kuartal I/2008 melonjak sekitar 87% menjadi 750.000 orang dibandingkan periode yang sama tahun lalu 390.000 orang.

Chief Executive Officer (CEO) Mandala Airlines Warwick Brady mengatakan lonjakan penumpang hampir mencapai dua kali lipat itu sebenarnya di luar perkiraan. Pasalnya tidak selalu setiap penambahan kapasitas tempat duduk pesawat akan berkorelasi dengan peningkatan jumlah penumpang.

"Namun yang terjadi di Mandala penambahan kapasitas akibat pergantian sejumlah pesawat dari Boeing menjadi Airbus diikuti dengan kenaikan jumlah penumpang," ujar Brady di Surabaya.

Menurut dia, sejak awal 2007 grafik jumlah penumpang terus meningkat dari semula 400.000 orang naik menjadi sekitar 600.000 pada kuartal IV/2007. Bahkan sampai Mei 2008 jumlah penumpang Mandala untuk rute Jakarta-Surabaya sudah tercatat 600.000-an dengan tingkat load factor di atas 90%.

Secara keseluruhan, lanjut dia, Mandala berada pada posisi ketiga di industri penerbangan nasional setelah Garuda Indonesia dan Lion Air. Namun di dua rute yakni Surabaya-Kupang dan Surabaya-Batam, Mandala berada pada posisi pertama. Sementara untuk rute gemuk Surabaya-Jakarta, menduduki urutan kedua setelah Garuda.

Meski maskapai itu relatif kuat di pasar domistik, namun menurut Brady, pihaknya belum berencana untuk segera memasuki rute regional. "Kami memang sudah mengantongi izin untuk melayani beberapa negara di kawasan Asia seperti Malaysia, Singapura, dan Hong Kong. Namun, untuk sementara waktu izin itu tidak digunakan sebelum rute domistik benar-benar kuat."

source: bisnis.com | June 2008

No comments: