Thursday, June 26, 2008

Menpera siapkan Rp100 M untuk rumah rakyat miskin

Kementerian Negara Perumahan Rakyat (Kemenpera) menyiapkan dana Rp100 miliar untuk pembangunan rumah warga miskin. Program itu untuk menekan lonjakan angka kemiskinan akibat dampak kenaikan harga bahan bakar minyak.

"Dengan dana itu setidaknya kita bisa membangun sedikitnya 10 ribu unit rumah," kata Kepala Pusat Pengembangan Perumahan Kementerian Negara Perumahan Rakyat Andi Zainal Dulung, dalam Rapat Kerja Kegiatan Bantuan Stimulan Pembangunan Perumahan Swadaya dan Peningkatan Kualitas Perumahan, di Hotel Taman Rosani, Jalan Cendrawasih, Kuta, Bali, Kamis (26/6/2008).

Andi mengatakan, dana yang akan mulai dikucurkan tahun depan itu meningkat 100 persen dibandingkan dana yang turun tahun ini sebesar Rp58,5 miliar. Penambahan anggaran itu dengan pertimbangan makin banyaknya jumlah warga miskin akibat kenaikan harga BBM.

Dia menjelaskan, bantuan pembangunan perumahan senilai Rp27 miliar pada tahun ini telah dialokasikan ke 63 kabupaten/kota yang tersebar di 20 provinsi. Bentuknya, pemerintah setempat melalui lembaga keuangan mikro mengucurkan bantuan untuk warga miskin yang tidak memiliki tempat tinggal laik.

Sedangkan bantuan peningkatan kualitas perumahan sebesar Rp31,5 miliar diwujudkan dalam 5.000 bentuk kegiatan. "Dengan peningkatan bantuan itu, tahun depan kita optimis program ini bisa diperluas ke seluruh provinsi," papar Andi.

Soal kriteria penerima bantuan, Andi menyebut masyarakat berpenghasilan rendah. "Seperti BLT (bantuan langsung tunai), peluang diselewengkan dan salah sasaran selalu ada. Namun sejauh ini berhasil kita ungkap," ujarnya.

source: okezone.com | June 2008

No comments: