Monday, June 16, 2008

Medan berkembang menjadi kota tujuan MICE

Medan mulai berkembang menjadi salah satu kota tujuan wisata dengan orientasi Meeting, Icentive, Conference and Exhibition atau MICE. Pembangunan beberapa jaringan hotel internasional seperti J W Marriot, Aston hingga Swiss Bell Hotel yang akan selesai tahun ini mempercepat pengembangan Medan sebagai salah satu alternatif tujuan MICE di luar Jawa selain Bali.

Agenda tahunan yang rutin diadakan di kota ini mendatangkan banyak warga negara asing hingga ribuan seperti acara pertemuan marga Tionghoa hingga acara konferensi kedokteran internasional. Fasilitas pendukung seperti hotel berjaringan internasional sudah semakin banyak di Medan. Hotel-hotel ini kan berjaringan internasional, sehingga turis asing pun tak perlu lagi khawatir soal akomodasi.

Sinergi pelaku usaha pariwisata, pemerintah daerah dan Real Estate Indonesia (REI) diperlukan untuk mewujudkan Medan sebagai kota tujuan MICE. Mereka bisa ikut mengembangkan kota Medan, salah satunya dengan membantu mewujudkan gedung pusat eksibisi dan pertemuan berkapasitas besar. Mantan Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi Joop Ave yang berbicara dalam forum talk show peringatan ulang tahun REI ke-36, pengembang yang tergabung dalam REI tidak perlu menunggu pemerintah untuk ikut mendukung industri pariwisata. "Bila perlu jika ada Badan Promosi Pariwisata Indonesia, ketuanya bisa dari REI, " katanya.

No comments: