
"Para pelaku bisnis memiliki target yang jelas, pekerja keras, dan pintar mengatur keuangan untuk mencapai tujuan. Ini yang lemah di tingkat negara, culture matter. Birokrat seharusnya berjiwa wirausaha," kata Jakob Oetama dalam Jakarta Chief Marketing Officer (CMO) Club yang digelar Kompas Gramedia di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Rabu (25/6). Acara ini dihadiri sedikitnya 60 pucuk pimpinan perusahaan nasional dan multinasional di Jakarta.
Tahap strategis
Dalam kesempatan yang sama, pakar pemasaran Hermawan Kertajaya mengatakan, perkembangan internet generasi kedua atau Web 2.0 telah menciptakan lompatan baru taktik pemasaran. Para pemasar kini harus bisa mengoptimalkan teknologi yang tanpa batas tersebut untuk menjangkau konsumen secara horizontal. "Peran pemasaran kini tidak lagi sebatas fungsional, tetapi sudah mencapai level strategis dari bisnis," jelas Hermawan.
source: kompas.com | June 2008
No comments:
Post a Comment