Wednesday, July 2, 2008

Pertumbuhan pajak tahun ini terbaik selama Indonesia merdeka

Dirjen Pajak Darmin Nasution mengatakan, harga minyak mentah yang melambung tinggi dan sejumlah komoditas yang sedang booming membuat pendapatan negara dari sektor pajak tumbuh 40 persen, terbaik selama Indonesia merdeka.

"Pertumbuhan tahun ini jauh lebih bagus dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya karena intensifikasi dan ekstensifikasi yang kita jalankan. Kedua, karena ada komoditas yang sedang booming. Diluar minyak masih ada kelapa sawit, barang tambang yang lain," tutur Darmin di Jakarta, Rabu (2/7).

Saking bagusnya pertumbuhan pajak sepanjang tahun ini, Januari sampai 23 Juni 2008, membuat Darmin tampak sumringah. "Pertumbuhan tahun ini adalah pertumbuhan tertinggi yang pernah kita capai selama kita merdeka. Di atas 40 persen. Selama ini kenaikan pertumbuhan hanya 20 persen," kata Darmin.

Ke depan, Ditjen pajak, kata dia, akan terus berupaya mempertahankan pertumbuhan tersebut dan berupaya semaksimal mungkin menggenjot pertumbuhan penerimaan pajak. "Ya, makanya semua pihak harus membantu. Kita tingkatkan wajib bayar pajak masyarakat dan diharapkan kesadaran membayar pajak tetap membaik," ujarnya.

Ditanya sektor apa yang terbesar penerimaan pajaknya, Darmin diam sejenak dan mengatakan, hampir merata di semua sektor.

source: kompas.com | July 2008

No comments: