Monday, July 14, 2008

ArcelorMittal akan bangun pabrik baja di Pasuruan dan Banten

Keinginan ArcelorMittal berinvestasi di Indonesia tidak pernah redup. Setelah sebelumnya gencar mengincar Krakatau Steel, kini pabrik baja dunia itu sudah minta izin mendirikan pabrik di Pasuruan dan Banten.

"ArcelorMittal telah meminta kepada kami, berdiskusi pada kami untuk membuka dua steel mill atau dua pabrik baja di Pasuruan dan Banten, tetapi mereka belum memasukkan aplikasi untuk tujuan penanaman modal," kata Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) M Lutfi dalam rapat dengan Komisi VI DPR, di gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Senin (14/7/2008).

Pemerintah sendiri kemungkinan akan memberikan lampu hijau, karena investasi di sektor ini menurut Lutfi adalah investasi yang terbuka dan tidak masuk dalam daftar negatif investasi (DNI).

"Maka ketika mereka nanti memasukkan aplikasi, pada waktu yang tidak terlalu lama sekitar 4 hari kami akan mengeluarkan izin untuk mereka berinvestasi," katanya.

Menurut Lutfi, pihak ArcelorMittal sudah membebaskan tanah seluas 100 hektar di Pasuruan. "Mereka juga sedang mencari tanah di Banten untuk memperluas kapasitasnya," ujar Lutfi.

Dari investasi ArcelorMittal ini, lanjut Lutfi, setidaknya ada pasokan 4 juta metrik ton baja untuk pasar dalam negeri.

Pemerintah lanjut Lutfi memang akan mempermudah izin investasi, karena harus bersaing dengan Vietnam yang kini menjadi tempat favorit investasi asing.

"Sudah banyak investor baja masuk ke sana misal komitmen Tata Steel di Vietnam dengan investasi US$ 10 miliar sehingga tahun 2011 di Vietnam akan ada produksi baru sebesar 10 juta metrik ton besi. Begitu juga Formosa steel dari Thailand yang berencana menanamkan investasi di Vietnam US$ 7,5 miliar," jelas Lutfi.

source: detik.com | July 2008

No comments: