Thursday, July 24, 2008

Indonesia dilamar OECD

Organisasi Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi atau OECD secara resmi melamar Indonesia untuk menjadi salah satu bagian dari lembaga tersebut. Jalan ke arah tersebut dimungkinkan karena OECD mulai memilih lima negara nonanggotanya untuk ikut dalam program peningkatan kerjasama khusus dalam rangka memecahkan permasalahan ekonomi dunia dengan menggunakan misi-misi OECD sebagai intinya.

Kemungkinan untuk menjadi anggota itu sangat terbuka. Namun, kami ingin memastikan dulu kapasitas dan minat negara-negara yang menjadi pemain kunci dalam menyelesaikan permasalah ekonomi dunia di luar anggota kami. "Atas dasar itu, kami memilih lima negara untuk ikut dalam kerjasama khusus, yakni Brasil, China, India, Afrika Selatan, dan Indonesia," ujar Sekretaris Jenderal OECD Angel Gurria di Jakarta, Kamis (24/7).

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Kerjasama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional, Kantor Menko Perekonomian Mahendra Siregar menegaskan, tawaran OECD tersebut disanggup baik oleh pemerintah. Namun, pertemuan antara Gurria dengan pemerintah hari ini tidak secara detail mengarah pada kemungkinan masuknya Indonesia sebagai bagian OECD.

"Kami tentu menyambut baik atas kesempatan yang diberikan kepada Indonesia. Sebab pada dasarnya, hanya tingal menunggu waktu bagi Indonesia untuk menjadi bagian dari OECD. Sebab, bagaimana pun juga, sudah saatnya Indonesia menjadi bagian dari solusi dalam menyelesaikan masalah perekonomian dunia," ujarnya.

source: kompas.com | July 2008

No comments: