Friday, October 31, 2008

Kereta Commuter Jabodetabek segera beroperasi

Moda transportasi kereta commuter Jabodetabek akan beroperasi pada Januari 2009.

”Saat ini kami sedang membahas bisnis plan untuk jalur kereta di Jabodetabek. Sampai saat ini operasional masih belum sepenuhnya kita pegang,” ujar Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek, Kurniadi Atmosasmito, Jumat (31/10).

Rencananya,lanjutnya, PT KA Commuter Jabodetabek akan merombak total system perkeretaan di Jabodetabek. Bila sekarang ada kereta AC dan non AC, ke depannya hanya akan ada kereta ekonomi dan ekspress. “Jadi keretanya pakai AC semua,” ujarnya.

Untuk armadanya, PT KA Commuter akan menambah 10-30 KRL lagi untuk beroperasi di Jakarta. Sedangkan untuk tarif, PT. KA Commuter akan menentukan tarif sendiri. “Kita akan menentukan tarif kita sendiri. Nggak ngikutin pemerintah lagi,” ujarnya.

Kewenangan pihak PT KA Commuter Jabodetabek ini akan meliputi stasiun, armada, dan rel kereta api. Ke depannya, tambahnya, pihaknya akan mensterilkan stasiun-stasiun yang masih banyak penumpang yang tidak bayar tiket. “Nanti kita akan menggunakan sistem e-ticket untuk menghindari kemungkinan tersebut,” katanya.

Perihal persetujuan dengan pihak pemerintah provisi Jakarta, Kurniadi menyatakan masih dalam proses. “Nanti lah. Nunggu sof launching. Setelah itu kita bicarakan secara detail. Yang pasti kita juga butuh kerjasama dengan pihak pemerintah setempat untuk merealisasikan proyek ini,” pungkasnya.

source: Media Indonesia

No comments: